Breaking News
Kamis, 25 Mei 2017

Festival Pesona Danau Limboto September 2017

JAKARTA, HR - Potensi pesona Danau Limboto yang berada di Kabupaten Gorontalo, kembali akan digelar dalam bentuk festival. Semasa kepemimpinan Bupati Prof. Nelson Pomalingo, Ini yang kedua kalinya dijadikan pusat wisata menyelenggarakan Festival Pesona Danau Limboto, Gorontalo, tanggal 21 sampai 25 September 2017.

"Danau Limboto ini potensinya banyak. Setiap tahun kita selenggarakan festival pesona danau Limboto, dan ini tahun kedua saya. Festival ini juga untuk pelestarian danau, dulu danau Limboto luasnya 7.000 hektar kini tinggal 3.000. Kedalamannya juga kini tinggal sekitar dua setengah meter. Bulan September nanti puncak kegiatan festival," jelas Nelson disela-sela malam promosi festival Danau Limboto bersama tokoh masyarakat dan warga Gorontalo kepada wartawan di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (23/5).

Mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ini menyebutkan ada sekitar 10 item sub event yang akan menyemarakan Festival Pesona Danau Limboto, September mendatang yang semua event itu akan berpusat di Pentadio Resort dan kawasan danau Limboto. Dan Ia berharap danau Limboto bisa lebih dikenal dan menarik lagi wisatawan dari luar Gorontalo serta Manca Negara.

Di ajang wisata Festival Danau Limboto akan menggelar parade budaya, lomba layang-layang, dan perahu tradisional. Festival Danau Limboto kali ini menampilkan berbagai atraksi dan perlombaan, seperti pawai budaya dan lomba alanggaya (layang-layang) tradisional. Tidak ketinggalan, ada juga lomba perahu tradisional, festival burung berkicau se-Sulawesi, pemilihan Nou dan Uti Gorontalo, dan festival kuliner ikan tangkapan danau Limboto se-Provinsi Gorontalo.

“Daya tarik lokal adalah kehadiran burung migran untuk pecinta burung, dan adanya ikan yang endemik. Di Danau Limboto akan dibangun wisata senja dan malam untuk menjual berbagai hasil produk kita,” jelas Prof. Nelson.

Danau Limboto, lanjutnya, adalah salah satu calendar of event 2016, ajang wisata Provinsi Gorontalo selama 2016. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan mengenalkan potensi wisata dan budaya di Gorontalo hingga tingkat internasional.

Danau Limboto tidak jauh dari Pentadio Resort dan hanya 7 kilometer dari lautan, sehingga wisatawan selain bisa menikmati indahnya sunrise, para wisatawan juga bisa memancing ikan di danau sembari menatap sunset dari danau atau pantai.

Wisata di danau Limboto juga terasa lengkap dengan migrasi burung dari Filipina ke Australia, yang biasanya singgah di danau Limboto. Selain itu ikan khas di danau Lomboto dan di laut Gorontalo, sangat khas serta terkenal di luar negeri, seperti di Jepang.

Menurutnya saat ini Pemda setempat telah berbenah diri untuk mensukseskan Festival Danau Limboto dengan mempersiapkan semua infrastruktur seperti cottage, home stay rumah singgah dengan harga murah, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa pelatihan kursus bahasa untuk pemandu wisata (tour guide).

Sementara itu, Elsa Syarif, SH turut hadir dan dipercaya sebagai kordinator event wisata ini dalam sambutannya mengutarakan destinasi wisata pesta Danau Limboto pada bulan September yang akan datang diharapkan menjadi icon yang akan meningkatkan perekonomian daerah.

“Pariwisata diharapkan menjadi icon yang akan membentuk suatu turunan-turunan guna peningkatan perekonomian suatu daerah,” katanya. igo/nel







Suka berita ini ! Silahkan KLIK DISINI.
Masukan email anda untuk berlangganan berita terkini gratis

0 komentar :

Posting Komentar

Sebaiknya anda berkomentar dengan bijak. DILARANG berkomentar berbau sex, sara, dan lainnya yang melanggar hukum.