Breaking News
Selasa, 09 Mei 2017

Lumbung Desa, Wadah Bagi Petani Desa Jombang

JEMBER, HR – Indonesia merupakan Negara Agraris, salah satunya ketahanan pangan harus dipertahankan. Hasil pertanian saat ini, Indonesia sudah ketinggalan dari negara lain. Pemerintah mulai menggalakkan lagi di sektor pertanian untuk mengembalikan lagi ketahanan pangan di negeri ini, seperti di era orde baru bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat kuat akan hasil pertaniannya.

Margono Kades Jombang
Salah satunya Desa Jombang Kecamatan Jombang sudah memprogramkan ketahanan pangan melalui pertanian yang sudah terorganisir secara baik dan mandiri. Margono selaku Kepala Desa Jombang saat ditemui HR memaparkan tentang program pemerintah, dan diakuinya bahwa saat ini masyarakat Desa Jombang melalui pamong tani selalu memberikan informasi bagaimana desa tersebut khususnya di pertanian harus dapat dipertahankan dan hasil pertanian tetap selalu berhasil.

Lebih lanjut Margono menjelaskan bahwa ketahanan pangan lewat hasil pertanian harus menjadi tuan rumah di negara sendiri, dan jangan sampai kita kalah dengan negara lain. Disinggung tentang program pemerintah yang akan menghidupkan kembali tentang lumbung desa, margono menerangkan bahwa di Desa Jombang sudah mempunyai lumbung desa sejak 2015 dan tempat tersebut merupakan sebuah wadah bagi petani untuk menjual hasil pertaniannya.

Petani membutuhkan pupuk, lumbung desa sudah menyiapkan semua kebutuhan para petani karena Desa Jombang masyarakatnya 90% merupakan petani. Disinggung tentang program tahunan, Margono kepada HR menjelaskan bahwa dirinya beserta semua staf desa dan element masyarakat telah melaksanakan pembangunan di sektor infrastruktur pemerataan, ada 11 titik di 3 dusun. Untuk tahun ini, pihaknya akan memperbesar dan memperkuat permodalan lumbung desa melalui BUMDes Sejahtera yang sudah dibentuk pada Februari lalu.

Pemerintahan desa jombang juga sudah melaksanakan pengukuhan kepada perangkat desa beberapa hari yang lalu, tepatnya pada 15 Maret 2017, di tiap desa di Kabupaten Jember harus melaksanakan pengukuhan terhadap semua perangkat.

“Kami selaku pemerintahan desa selalu melaksanakan apa yang menjadi program pemerintah, baik kabupaten maupun dari pusat. Margono berharap pemerintah mulai menghidupkan kembali tentang lumbung desa, karena sangat membawa sebuah keberuntungan kepada petani dan pertanian di Indonesia akan lebih baik lagi dan kita akan menjadi tuan rumah sebagai penghasil pertanian yang sangat kuat,” terangnya. febri










Suka berita ini ! Silahkan KLIK DISINI.
Masukan email anda untuk berlangganan berita terkini gratis

0 komentar :

Posting Komentar

Sebaiknya anda berkomentar dengan bijak. DILARANG berkomentar berbau sex, sara, dan lainnya yang melanggar hukum.