Breaking News
Senin, 22 Mei 2017

Progam ADD dan DD Desa Sariwani Sesuai Kebutuhan Masyarakat

PROBOLINGGO, HR - Desa Sariwani berada di Kecamatan Sukapura, terletak di kaki Gunung Bromo, memiliki jumlah hak pilih 1300 KK.

Kantor Desa Sariwani
Selama ini Desa Sariwani sangat tertinggal, utamanya infrastruktur jalan, yang saat ini juga masih membutuhkan jalan yang sangat layak dinikmati oleh masyarakatnya.

. Perekomomian masyarakat Sariwani setiap harinya bersumber dari bertani dan berkebun.

Dalam kunjungan HR ke Desa Sariwani, langsung dipertemukan dengan Kepala Desa Sukaryo Biko Sucipto, Rabu (09/05) di rumahnya.

Ketika berbincang-bincang sang Kades mengutarakan untuk program Anggaran Dana Desa (ADD) dipergunakan untuk rehab Balai Desa.

“Dan Dana Desa (DD) murni untuk kebutuhan masyrakat, yaitu rabat cor dan pavingisasi gang per dusun serta pembuatan ganduk/pos jaga malam, kurang lebih ya 7 ganduk ujar,”jelas Sukaryo.

Sebelumnya dulu, kata masyarakat setempat Desa Sariwani belum pernah ada pembangunan gedung baru, tapi ketika pemimpinanya Sukaryo sebagai Kades, maka udah ada perubahan yang nampak, di segi infrastruktur untuk jalan desa dan keamannan desa.

Kades Sukaryo
Hal lainnya di Desa Sariwani juga terdapat tempat wisata. Kurang lebih menempuh jarak 2 jam bisa menikmati wisata P 30, yang letaknya masuk Desa Sariwani. Namun untuk menuju wisata P 30 harus menempuh medan yang berbatu.

Kades Sukaryo mengarapkan kepada pemerintah daerah untuk diproritaskan infrasruktur jalan di desanya. “Ya,karena tanpa bantuan pemerintah terkait, akan kesulitan untuk menjadikan Desa Sariwani lebih maju. Utamanya perekonomian masyarakat bisa lancar sesuai yang kita harapkan,”ujarnya. Tapi pada tahun 2017 udah ada perhatian dari dinas terkait, kurang lebih 3 km, dari puncak P 30 udah di aspal,”tambah Sukaryo.

Sukaryo juga mengharapkan ke depannya Desa Sariwani selama kepemimpinanya kurang lebih 3 tahun berjalan untuk infrastruktur jalan 80 % akan terlaksanan semua, sesuai permintaan masyrakat.

“Pada visi misi kami pada pilkades silam, akan menempati janji kami di bidang infrakstruktur dan akan memberikan pelayanan yang gratis juga, yang saat ini masih berjalan,”ungkapnya.

Dijelaskan Sukaryo setiap bulan agustus Desa Sariwani selalu mengadakan kegiatan desa, yaitu berbagai lomba-lomba tingkat desa, salah satunya volly, panjat pinang dan lain- lain.

Saat ini semuanya masih berjalan, tidak pernah dilepaskan adat dahulu oleh Kades Sukaryo. febri







Suka berita ini ! Silahkan KLIK DISINI.
Masukan email anda untuk berlangganan berita terkini gratis

0 komentar :

Posting Komentar

Sebaiknya anda berkomentar dengan bijak. DILARANG berkomentar berbau sex, sara, dan lainnya yang melanggar hukum.