Breaking News
Selasa, 31 Oktober 2017

Baznas Majalengka Salurkan Bantuan 5.073 Beasiswa dan 500 Unit Rutilahu

MAJALENGKA, HR - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majalengka memberikan bantuan sarana keagamaan masjid/musholla, dinas instansi dan sekolah serta beasiswa untuk siswa SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi, untuk 4 kecamatan yakni Kecamatan Majalengka, Cigasong, Panyingkiran dan Sukahaji di Gedung Islamic Centre, Selasa (31/10).

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Majalengka DR H Sutrisno SE MSI didampingi Wakil Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd, Ketua Baznas Majalengka Agus Yadi Ismail MSi dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka.

Ketua Baznas Majalengka, Agus, mengatakan, program Baznas ada lima unggulan. Pertama, Majalengka pinter, yakni program yang menopang pendidikan dasar, menengah dan tinggi bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Programnya beasiswa untuk lima orang persekolah semua tingkatan, program satu keluarga satu sarjana (SKSS), kaderisasi ulama, program sekolah berbasis akhlak mulia, Majalengka ramah anak dan bantuan langsung,” paparnya.

Kedua, Majalengka Cageur, yakni bantuan kesehatan untuk masyarakat tidak mampu dan mengupayakan berdirinya Klinik sehat yang berlokasi di Kecamatan Talaga.

Meliputi program pendirian rumah sakit, mobil sehat keliling, layanan kesehatan gratis, klinik baznas, bakti sosial kesehatan, bantuan langsung kesehatan.

“Nanti ambulan akan difasilitasi supir,” imbuhnya.

Ketiga, Majalengka Singer, yakni mendorong tumbuhnya wirausahaan baru melalui pengembangan komunitas usaha mikro dan lembaga simpan pinjam syariah (BMT) dan pengembangan kelompok usaha masyarakat.

“Programnya pembinaan, pendampingan dan pelatihan usaha, pemberian modal usaha, sarana usaha (gerobak), program kemandirian, bantuan langsung ekonomi,” lanjutnya.

Keempat, Majalengka bener, yakni mengokohkan peran umat dalam mengamalkan syariat dan Syiar Islam. Programnya, bantuan sarana keagamaan, fasilitas ibadah, cinta Al-Quran, safari ramadhan, buka bersama dan bantuan syiar Islam.

“Kami sudah idenitifikasi lembaga yatim piatu di Majalengka, kami salurkan dana kesana, kalaupun nanti ada anak yatim piatu perorangan, bisa mengajukan kepada kami langsung,” katanya.

Kelima, Majalengka bageur, yakni mewujudkan miniatur kampung budaya melalui inovasi program pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal dalam penanganan bencana kemanusiaan.

Programnya, Rutilahu, sosial kemanusiaan, bantuan lingkungan kebencanaan, kegiatan safari Jum`at, Majalengka berzakat.

Agus berharap semua proker itu dapat tercapai dan pengurus baznas dapat diberi kekuatan dalam memangku dan mengelola dana umat ini. “Semoga lancar dan kita dapat amanah,” tandasnya.

Bupati menyatakan apresiasi atas program Baznas Kabupaten Majalengka yang menyalurkan berbagai jenis bantuan. Hal itu patut diapresiasi dan bupati berharap program yang sudah berjalan bisa berlanjut dan tepat sasaran dan kepada UPZ yang telah dibentuk agar mampu mengelola dengan baik.

“Saya juga mengajak kepada para pengurus Baznas Kabupaten Majalengka lebih giat menggalang potensi zakat di Kabupaten Majalengka yang masih sangat besar. Semakin bayak zakat dari masyarakat yang terkumpul, saya yakin akan semakin banyak masyarakat miskin yang tertolong. Sehingga membantu program mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Majalengka,” bebernya.

Baznas Kabupaten Majalengka tidak hanya sekedar menampung zakat, namun berhasil mengelola dan menyalurkan bantuan untuk menunjang pembangunan. Bahkan membantu masyarakat miskin membangun rutilahu dan di bidang kesehatan.

“Mudah-mudahan program tersebut terus berkelanjutan dan diharapkan lebih ditingkatkan,” Bupati menambahkan.

Lewat PAD dan zakat infaq dan sodakah Baznas mampu menyalurkan 5.073. beasisswa dan perbaikan rutilahu sebanyak 500 unit, belum lagi sarana dan prasarana bantuan untuk masyarakat miskin yang dana masih bersumber dari pendapatan daerah dan dari kementerian agama yang zakat profesinya bisa mencapai 10 miliar lebih/tahun, kedepannya melalui Baznas dapat membangun hotel dengan kapasitas kamar sebanyak 200 kamar hotel penopang pelayanan haji dan umroh. lintong situmorang






Suka berita ini ! Silahkan KLIK DISINI.
Masukan email anda untuk berlangganan berita terkini gratis

0 komentar :

Posting Komentar

Sebaiknya anda berkomentar dengan bijak. DILARANG berkomentar berbau sex, sara, dan lainnya yang melanggar hukum.