Breaking News
Minggu, 01 Oktober 2017

Desa Karang Raja Adakan Acara Tradisi Melemang

MUARA, ENIM, HR - Dalam rangka memperingati 10 Muharam, Desa Karang Raja Kecamatan, Kabupaten Muara Enim melakukan kegiatan Melemang, Jumat (29/9), yakni kegiatan tradisi memasak ketan putih maupun ketan hitam dan bumbu lainnya yang dimasukkan kedalam bambu, kemudian dibakar di bara api. Setelah itu disajikan dan makan bersama-sama.

Pada acara puncak tanggal 10 Muharam malam, masyarakat Desa Karang Raja beserta para tamu berkumpul di masjid guna mengikuti ceramah agama sambil menikmati lemang. Konon menurut legenda, acara ini merupakan tradisi yang selalu diperingati setiap 10 Muraham, waktu yang tepat untuk kumpul bersama.

Menurut cerita orang tua dahulu, acara melemang ini untuk menjalin tali silaturahmi antar saudara pendiri kampung, yang biasa dipanggil "Puyang Tamblang".

Acara melemang ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah H Ir Hasanudin MSi, Ketua PKK Kab Muara Enim Hj Shinta Paramitha Muzakir beserta SKPD Kab Muara Enim. Hasanudin berharap tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun ini harus dilestarikan, karena merupakan hasanah budaya yang harus dijaga bersama.

Kades Karang Raja Marsis Yaniadi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Karang Raja yang telah melestrikan budaya yang telah diwariskan oleh pendiri desa. Juga yang telah bersusah payah agar acara ini dapat terlaksana dengan baik.

“Kalau tradisi dapat dipertahankan, siapa tahu kedepannya dapat menjadi obyek wisata yang ditunggu oleh para wisatawan,” ujar Yaniadi. ja






Suka berita ini ! Silahkan KLIK DISINI.
Masukan email anda untuk berlangganan berita terkini gratis

0 komentar :

Posting Komentar

Sebaiknya anda berkomentar dengan bijak. DILARANG berkomentar berbau sex, sara, dan lainnya yang melanggar hukum.